Oct 1, 2014

.BdgBerkebun Join Pasar Organik Sukajadi

Bandung, 28 September 2014

Pagi hari di saat jalanan Bandung masih sepi, beberapa orang sudah memenuhi Pasar Organik Sukajadi. Lima meja tersusun berderet di depan toko organic. Tiga meja diisi oleh famorganic yang menjual hasil panen sayur-mayur, indokombucha dengan panen kombucha yang diinfus, serta komunitas Jogja yang berkaos #Indonesiamakansayur dengan hasil panen Jogja berupa tepung, beras organik, kaldu, dsb. Meskipun masih tersisa dua meja yang kosong tapi pengunjung pasar organik tetap antusias berbelanja. Diantara pengunjung pasar organik terlihat sosok perempuan yang tak asing di dunia maya. Dialah ibu Janti Wignjopranoto yang di dunia maya dikenal dengan nama alterjiwo. Selebgram veganism asal Jogja ini memang sangat antusias saat menghadiri pasar organik Sukajadi. Beliau rela dari Jogja ke Bandung demi menghadiri Pasar Organik Sukajadi.

Tak lama kemudian, Iyay dan Fajar sebagai sesepuh .bdgberkebun pun tiba di pasar organik. Setelah berkenalan dengan ibu Janti, mereka didampingi ibu Janti untuk menempati dua buah meja kecil yang masih kosong. Ibu Janti pun langsung menulis nama Bandung Berkebun pada papan tulis hitam dengan kapur putih. Satu per satu produk yang akan dijual mulai ditata di atas meja. Meskipun hanya menjual benih, bibit, dan gardening kit, stand Bandung Berkebun langsung menarik perhatian pengunjung karena kemasan produk yang dibungkus dengan unik. Anak-anak kecil yang berkunjung langsung KEPO dan bertanya-tanya produk dalam balutan kaos mini tersebut. Ibu Janti pun juga sangat tertarik dengan gardening kit .bdgberkebun. Sayangnya, gardening kit yang dijual hanya satu sehingga banyak pengunjung yang tidak dapat membelinya termasuk Ibu Janti sendiri. *punten bu

stand bandung berkebun



gardening kit .bdgberkebun

Pasar Organik Sukajadi; Ajang Berbelanja, Cuci Mata, dan Mendapatkan Ilmu

Pasar Organik Sukajadi yang diselenggarakan oleh toko organic Sukajadi diadakan setiap hari Minggu kecuali hari libur nasional seperti Hari Raya Idul Adha. Kebetulan pasar organik ini baru diadakan sekali yaitu pada tanggal 28 September 2014. Menurut mba fifie dari toko organic, pasar organik diselenggarakan untuk membantu petani lokal memasarkan hasil tanam atau produknya. Tujuan yang ingin dicapai dari pasar organik tidak hanya melakukan transaksi jual beli tapi juga berbagi ilmu. "Pasar organik dibuat agar penjual dan pembeli bisa langsung berinteraksi, bisa bertanya langsung cara penanaman sayur yang mereka beli. Kalau di supermarket kan ngga bisa bertanya-tanya", ungkap mba fifie. 

Tak heran pada stand Bandung Berkebun, pengunjung tidak hanya berbelanja tapi juga bertanya kepada .bgdberkebun. Fajar sebagai salah satu expert .bdgberkebun selalu menjawab pertanyaan pengunjung seputar media tanam dan cara menanam benih dengan ramah dan sangat detail. Iyay sebagai koordinator .bdgberkebun juga ramah menjawab pertanyaan pengunjung seputar program dan komunitas .bdgberkebun. 

Fajar menjelaskan cara menanam benih kepada pengunjung

Hal menarik lainnya, pengunjung tidak akan menemukan kantong plastik saat berbelanja. Karena pasar organik dibuat untuk menghindari sampah anorganik seperti plastik yang sulit terurai. Nah, jika pengunjung ingin berbelanja di pasar organik, maka bawalah kantong belanja sendiri dari rumah. Walaupun ada juga stand yang memberikan kantong belanja kertas di sana.

Hari makin siang, anggota .bdgberkebun yang baru selesai bermain basket makin banyak yang mengunjungi pasar organik. Selain melayani dan menjawab pertanyaan pengunjung, mereka pun tetap narsis menggunakan tongsis. 

tim .bdgnerkebun narsis doeloe

selfie bareng bu janti

How to get there?

Pasar Organik Sukajadi yang terletak di Jl. Sukawangi No 2, Bandung merupakan pasar mingguan. .bdgberkebun berencana akan terus berpartisipasi pada pasar mingguan ini. Letak Pasar Organik Sukajadi cukup strategis. Jika melewati Jl. Setia Budi dan menemukan KFC di pertigaan jalan, berbelok kirilah ke Jl. Sukawana. Kemudian berhenti setelah melewati dua buah gedung dan melihat toko organic di halaman Sushi Tei. Pasar Organik Sukajadi terletak persis di depan Sushi Tei dan toko organic. Adapun angkutan umum yang melewati jalan tersebut adalah angkot Caheum – Ledeng, Kalapa – Ledeng, Margahayu – Ledeng.

Pasar Organik Sukajadi
Jl. Sukawangi No 2, Bandung
Buka: setiap Minggu jam 07.00 – 10.00 WIB (kecuali hari libur nasional)
Fasilitas: bahan-bahan organik, panen kebun, benih, bibit, dsb
Note: jangan lupa membawa kantong belanja sendiri yah!

Salam Berkebun! Digali, ditanam, disiram!!!

The Author

Created by bdgberkebun cyber team.

2 comments:

  1. min, sorry yang pake baju florida abu siapa? minta pinnya ya saya mau join bdgberkebun hahahha

    ReplyDelete
    Replies
    1. namanya Kang Ardi
      hayuk gabung di bandung berkebun

      Delete