Dec 20, 2014

[BBB #3 Minggu 6] Field Trip to InaGreen Farm

Minggu keenam Bandung Belajar Berkebun #3 (BBB #3) menunjukan benih yang ditanam makin remaja. Tapi belum dapat dipanen karena belum cukup umur. Sembari menunggu masa panen, .BdgBerkebun mengadakan acara field trip ke perkebunan sayuran organik Lembang bernama InaGreen Farm pada tanggal 6 Desember.

.BdgBerkebun dan peserta BBB #3 berkumpul di kebun Tubagus Ismail jam 8:00. Sebelum berangkat, kami membersihkan bedengan; membolak-balikan tanah, membersihkan gulma, menyemprot pestisida nabati dan menyiram tanaman.

Setelah satu jam membersihkan bedengan, .BdgBerkebun dan peserta BBB #3 berangkat ke InaGreen Farm. Bisa dibilang perjalanan menuju lokasi InaGreen Farm tersebut membutuhkan perjuangan. Jalan yang kurang mulus diselingi berkali-kali tajaman dan tikungan curam harus dilewati. Namun, perjalanan tersebut terbayar setelah menemukan perkebunan InaGreen Farm yang luasnya berkali-kali kebun Tubagus Ismail.

Sekilas tentang InaGreen Farm

InaGreen Farm merupakan perkebunan sayuran organik yang memiliki luas sekitar 7000 meter dan memiliki 11 green house. Hasil panen InaGreen Farm dapat ditemukan pada supermarket Bandung dan sekitarnya. Seperti: Borma, Yogya, supermarket STBD (STBD itu nama gahol dari SeTiaBuDi, hehehe). InaGreen Farm merupakan perkebunan milik Kang Bimo yang merupakan salah satu pendiri .BdgBerkebun. Saat ini, InaGreen Farm memiliki jumlah pekerja sebanyak 12 orang termasuk pekerja lapangan maupun kantor. Hari kerja InaGreen Farm mulai dari hari senin sampai sabtu. Hari minggu adalah hari libur makanya field trip InaGreen Farm tidak berlangsung pada hari Minggu.

Green house InaGreen Farm
Photo by: Yayuk

Tiba di InaGreen Farm, kami disambut baik oleh Kang Koswara yang merupakan salah satu pegawai InaGreen Farm. Kang Koswara mengajak kami berkeliling green house sambil menjelaskan tanaman organik.

Kang Koswara
Photo by: Yayuk

Menurut Kang Koswara, ada 11 tanaman yang sedang dibudidayakan InaGreen Farm yaitu: salada, lolorosa, romaine, pakcoy, kangkung, horenso, bayam, bayam merah, endive, caisim dan kailaan. Tanaman - tanaman tersebut merupakan tanaman yang sering ditanam pada dataran rendah yang memiliki intensitas matahari penuh dan umur panen sekitar 35-40 hari. Semua bibit ditanam pada bedengan setelah disemai terlebih dahulu. Semua bedengan dilapisi plastik mulsa untuk menjaga kualitas tanaman dari penyakit serta menjaga tanaman saat hujan agar tidak langsung jatuh ke tanah. Plastik mulsa dapat juga digunakan saat musim kemarau untuk menjaga kelembaban tanah sehingga tidak tumbuh gulma.

Peserta BBB #3 tampak serius mendengarkan penjelasan Kang Koswara
Photo by: Dwi

Perawatan tanaman dilakukan dengan penyiraman dan pemupukan. Biasanya penyiraman dilakukan 2X/hari saat musim kemarau. Sedangkan musim hujan hampir tidak pernah disiram karena intensitas hujan sudah cukup membasahi tanaman. Untuk pemupukan, InaGreen Farm menggunakan dua pupuk yaitu pupuk untuk akar dan daun. Pupuk kandang digunakan untuk menjaga kualitas tanah dan akar tanaman. Biasanya InaGreen Farm membutuhkan 5 gerobak pupuk kandang dari kotoran sapi, ayam dan sisa sortiran daun untuk 1 meter bedengan. Pupuk daun menggunakan pupuk organik yang dibeli di pasaran dengan frekuensi penggunaan pupuk disesuaikan dengan petunjuk pemakaian.

Diantara 11 tanaman yang dibudidayakan InaGreen Farm, yang menjadi best seller adalah bayam, kangkung, pakcoy dan salada. Meskipun demikian, beberapa diantara tanaman yang dibudidayakan InaGreen Farm belum familiar. Kang Koswara pun mengajak kami ke bedengan tanaman yang belum familiar sambil menjelaskan tanaman tersebut.

Horenso

Horenso
Photo by: Yayuk

Horenso disebut juga dengan bayam jepang. Sekilas bentuk struktur horenso memang mirip dengan bayam lokal hanya ukurannya lebih besar. Umur panen horenso sekitar 40 hari. Perawatan horenso pun sulit sehingga harga jual horenso paling mahal diantara tanaman yang dibudidayakan InaGreen Farm.

Lolorosa

Lolorosa
Photo by: Yayuk

Bentuk lolorosa mirip dengan salada merah. Namun struktur daunnya lebih keriting daripada salada merah. Lolorosa sering digunakan sebagai makanan salad.

Romaine lettuce

Romaine lettuce
Photo by: Yayuk

Benih romaine lettuce merupakan benih termahal diantara benih InaGreen Farm. Namun, perawatan romaine lettuce tidak sesulit horenso. Romaine lettuce tidak menggunakan pestisida nabati. Sehingga harga jual romaine lettuce tidak semahal horenso. Biasanya umur panen romaine lettuce sekitar 35 hari.

Pakcoy

Bentuk pakcoy mirip dengan sosin dan sawi. Bedanya hanya dari daun yang tidak bisa melebar. Pakcoy dapat diolah dengan ditumis atau direbus sebelum dimakan.

Endive

Endive
Photo by: Yayuk

Bentuk endive mirip dengan salada tapi sangat keriting. Benih endive disemaikan selama 2 minggu dan umur panennya sekitar 35 hari.

Kailaan

Kailaan berasal dari China. Umur panen kailaan sekitar 40 hari. Kailaan dapat dimasak langsung dengan direbus atau ditumis.

Selain menjelaskan tanaman InaGreen Farm, Kang Koswara juga memberikan tips menanam organik sebagai berikut:

  1. Untuk mengetahui benih yang baik, dapat dilakukan cara berikut: rendam benih pada air hangat. Perhatikan benih setelah 5 menit. Jika benih tenggelam, maka itulah 100% benih. Jika benih terapung, itu bukan benih.
  2. Penyiraman paling baik pada musim kemarau karena dapat mengatur intensitas air.
  3. Pemupukan dilakukan dengan pemupukan akar (menggunakan pupuk kandang atau bokashi) dan pemupukan daun yang dapat dibeli di pasaran. Perhatikan petunjuk pupuk daun. Jika tertera angka 32 10 10, maka maksud angka tersebut adalah 32 N, 10 P dan 10 K. Pemupukan daun dilakukan sebanyak 2 kali dan waktu pemupukannya dilihat dari petunjuk pupuk daun. Pemupukan pertama bisa berumur 7-10 hari dan pemupukan kedua bisa berumur 20 hari. 
  4. Masa panen ditentukan dari umur tanaman. Jika tanaman sudah cukup umur tapi tanamannya masih kerdil, langsung saja dipanen. Karena bisa saja tanaman tersebut memang tanaman yang tidak dapat tumbuh lebih tinggi lagi.
  5. Untuk mengecek tanaman organik, dapat diperhatikan dari tanaman tersebut. Biasanya tanaman organik lebih tahan lama dan rasanya pun mempunyai kekhasan tersendiri. 
  6. Tanaman hidroponik bukan merupakan tanaman organik. Karena proses penanaman tanaman hidroponik menggunakan nutrisi yang mengandung bahan kimia. 
Ada pakebun cilik juga loh
Photo by: Yayuk

Selain mengunjungi green house, Kang Koswara juga mengajak kami ke tempat packaging. Beberapa tahapan sebelum packaging adalah memanen, menyortir sayuran yang layak jual (daunnya bagus dan tidak berlubang), mencuci sayuran sehingga terlihat segar, menimbang sayuran (biasanya 1 pax sekitar 250 gr) dan melakukan packing dengan membungkusnya pada plastik. Sayuran InaGreen Farm pun siap dijual pada supermarket di Bandung dan sekitarnya.

Tempat packaging InaGreen Farm

Setelah melihat proses packaging InaGreen Farm, usai sudah kegiatan field trip ke InaGreen Farm. Terima kasih InaGreen Farm. Terima kasih Kang Koswara atas materinya.

InaGreen Farm

Jl. Manoko, Lembang 
Twitter: @InaGreenFarm 
Facebook: inagreen.farm 



Salam Berkebun! Digali! Ditanam! Disiram

Text by: Rizka

The Author

Created by bdgberkebun cyber team.

No comments:

Post a Comment